Friday, May 4, 2018

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh

Inilah Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh yang sering kalian lupakan meskipun minuman ini sangat sering dikonsumsi pada saat santai, bekerja, ataupun berkumpul dengan teman-teman. Pada saat ini, banyak penelitian terbaru yang menyebutkan bahwa kopi mempunyai efek positif terhadap kesehatan hati.

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh


manfaat kopi untuk kesehatan


Kopi merupakan jenis minumn yang sangat sering dikonsumsi dan bahkan sudah populer dikalangan masyarakat di seluruh dunia. Sampai saat ini, mengkonsumsi kopi sering kali dikaitkan atau sangat identik dengan efek negatif pada tubuh. Tapi, banyak penelitian terbaru yang menyebutkan jika kopi ternyata juga mempunyai efek positif untuk kesehatan tubuh terutama pada fungsi hati.


Minum kopi dalam jumlah yang cukup dan teratur dipercayai dapat mengurangi kerusakan dari fungsi hati. Kerusakan pada fungsi hati ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti alkohol, virus hepatitis, perlemakan hati nonalkohol, sirosis, sampai kanker hati. Konsumsi kopi pun dihubungan dengan perbaikan kadar enzim yang mencerminkan fungsi hati seperti SGOT, SGPT, dan GGT.

Dibawah ini beberapa Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh jika dikonsumsi dengan benar dan teratur :

  • Mengobati Sirosis Hati

Sirosis Hati merupakan penyakit hati kronis yang dapat menyebabkan kematian. Sebuah penelitian yang menelusuri lebih dari 430.000 partisipan menemukan bahwa dengan mengkonsumsi dua cangkir kopi dalam sehari dapat menurunkan risiko sirosis hati sampai 44%. Selain itu, sebuah studi menunjukan bahwa mengkonsumsi kopi sebanyak 2-3 cangkit dapat menurunkan risiko sirosis sampai 57%.

  • Mencegah Kanker Hati

Walaupun masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut, beberapa penelitian telah menyebutkan jika efek positif kopi terhadap menurunkan risiko kanker hati sangatlah besar. Penelitina yang dilakukan oleh Tanaka, et al dan Gelatti et al, menyebutkan bahwa orang yang mengkonsumsi kopi sebanyak 3-4 cangkit sehat selama 1-2 tahun dipercayai bisa menurunkan risiko terjadinya kanker hati.

  • Mencegah Penyakit Hati Kronis

Mengkonsumsi kopi secara teratur juga dikaitkan dengan berkurangnya risiko penyakit yang menyerang hati. Penelitian ini dilakukan oleh Modi eta al yang menyebutkan jika ada hubungan antara konsumsi kopi harian dengan tingkat beratnya fibrosis hati pada orang yang menderita penyakit hari kronis. Para peneliti pun menemukan bahwa dengan mengkonsumsi 1-2 cangkir kopi dapat mencegah dan menurunkan risiko penyakit yang dapat menyerang hati.

Lihat Selengkapnya : Kopi Jrenk

Kesimpulannya, dengan mengkonsumsi kopi sebanyak 2-3 cangkir sehari ternya bisa menguntungkan juga untuk tubuh dalam menjaga kesehatan organ yang paling penting, yakti Hati.

Ada juga penelitian yang menyebutkan, bahwa kopi yang di filter memiliki efek perlindungan hati, sementara kopi jenis espresso justru tidak mempunyai efek positif terhadap keseahtan.

Meskipun dengan mengkonsumsi kopi ini terdapat manfaat bagi untuk kesehatan dan organ tubuh. Akan tetapi perlu diperhatikan juga, mengkonsumsi kopi tentunya tidak boleh berlebihan karena dapat memberikan efek negatif juga untuk tubuh anda.


Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh

No comments:

Post a Comment